Hubungan Kekuatan Otot Lengan terhadap Keterampilan Shooting Free Throw dalam Permainan Bola Basket pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Kota Sukabumi

Authors

  • akbar chandra mulyo

DOI:

https://doi.org/10.37150/mae.v1i1.1216

Keywords:

kekuatan otot lengan, shooting free throw

Abstract

Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

            Peneliti ini di latar belakangi oleh keadaan shooting free throw yang masih kurang dari yang di harapkan di ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Kota Sukabumi, oleh karena itu penulis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dengan keterampilan shooting free throw.

            Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, dengan menggunakan metode kuantitatif, variabel yang digunakan dalam penelitian ada dua variabel, dengan variabel bebas dalam penelitian ini adalah kekuatan otot lengan X sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Shooting free throw Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bola basket dengan menggunakan sempel jenuh yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi dan uji signifikan dengan taraf signifikasi 5%. Dalam proses penghitungan data menggunakan bantuan computer program SPSS 23.

            Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara variabel x dengan variabel y atau kekuatan otot lengan dengan shooting free throw di ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Kota Sukabumi.

Downloads

Published

2021-06-04

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 6 times