ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS

Authors

  • Natalia Sitanggang Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1246

Keywords:

Pemecahan masalah matematika, HOTS, Taksonomi SOLO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan  taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitataif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII  sebanyak 35 siswa kemudian dipilih 3 siswa dengan teknik purpose sampling  yang dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kemampuan pemecahan masalah tinggi, kemampuan memecahan masalah sedang, dan kemampuan pemecahan masalah rendah. Instrumen  penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal HOTS dan pedoman wawancara. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah mencapai level unistructural. Siswa memahami masalah secara terbatas dan melakukan penyelesaian terbatas berdasarkan sepenggal informasi sehingga kesimpulan yang diperoleh kurang tepat. Siswa dengan kemampuan sedang mencapai level multistructural. Siswa memahami masalah dan dapat merencanakan dan memilih strategi penyelesaian dengan menggunakan rumus Pythagoras, keliling dan luas layang-layang. Siswa juga melakukan penyelesaian namun siswa tidak dapat menghubungkan antara konsep matematika yang digunakan dengan informasi yang ada sehingga siswa tidak dapat menarik kesimpulan yang tepat. Siswa dengan kemampuan tinggi mencapai level relasional. Siswa memahami masalah masalah dan merencanakan serta meilih strategi penyelesaian. Siswa melakuka perhitungan dengan mengaitkan konsep matematika dengan informasi yang ada sehingga memperoleh kesimpulan yang tepat.  

References

Akbar, Padillah, Abdul Hamid, Martin Bernard, and Asep Ikin Sugandi. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 2(1):144–53. doi: 10.31004/cendekia.v2i1.62.

Cahyani, Hesti, and Ririn Wahyu Setyawati. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 151–60.

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, and Alka Arora. (2015). Timss 2015 International Results in Science Saved. Distribution of Science Achievement.

Kemendikbud. (2017). Modul Penyesunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan.

Leo Adhar, Effendi. ( 2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan 13(2):1–10.

Lipianto, Danang, and Mega Teguh Budiarto. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesakan Soal Yang Berhubungan Dengan Persegi Dan Persegipanjang Berdasarkan Taksonomi Solo plus Pada Kelas Vii. Mathedunesa 2(1).

Manibuy, R., D. Retno, and S. Saputro. (2014). Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas x Sma Negeri 1 plus Di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(9):933–46.

Nurcahyono, N.A., Suryadi, D., Novarina, E., & Prabawanto, S. (2019). Complications of Students in Eliciting Mathematical Imagination. Proceedings of 2019 The World Symposium on Software Engineering. September 20-23, Wuhan China.

Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), Vol. 6, No. 2, 121.

Schleicher, Andreas. (2018). PISA 2018 :Insights and Interpretations. OECD

Suryapuspitarini, Betha Kurnia. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Pada Kurikulum 2013 Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. 1:876–84.

Widyawati, Alviana, Dian Septi, Nur Afifah, and Gaguk Resbiantoro. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas VIII Analysis Of Student Error in Solving Circle Problem Based On Solo Taxonomy In Class VIII. (1):1–9.

Downloads

Published

2021-07-31
Abstract viewed = 96 times